Stres pada Pertumbuhan Masa Remaja

Stres pada Pertumbuhan Masa RemajaPernahkah anda mendengar kata-kata jika masa remaja itu adalah masa yang sangat menyenangkan? Ternyata kata itu menurut Dailymail sangat keliru adanya menurut Dailymail ternyata masa remaja sekitar usia 20-an adalah masa-masa yang sangat memberatkan. Menurut Dailymail pada usia seperti ini sangat rawan untuk terkena sindrom stres berat yakni stres yang terjadi pada masa remaja dan sangat mungkin terjadi untuk era sekarang.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi Stres pada masa remaja, beberapa diantaranya adalah:

Berfikir tentang masa depan
Remaja akan terlihat stres salah satunya adalah ketika ia sudah memikirkan masa depannya sehingga remaja seperti ini dikatakan sebagai usia produktif. Artinya dia sudah mulai berfikir untuk menghasilkan uang dan berusaha untuk jaminan masa depan hal semacam ini mutlak dilakukan ketika memasuki usia produktif sehingga akibatnya otak dipaksa bekerja lebih keras dari pada sebelumnya.

Pola tidur yang tidak teratur
Saat para remaja ini mulai berfikir tentang masa depan, mereka akan bekerja lebih keras untuk masa depan yang lebih baik. Selain otak akan dipaksa bekerja lebih keras, pola tidur pun seringkali diabaikan. Kerja lembur seakan sudah menjadi “kebiasaan rutin”, akibatnya adalah gejala stres akan datang menghampiri.

Jika dalam menghadapi tekanan hidup para remaja belum bisa menanggapinya dengan pikiran positif, tidak menutup kemungkinan mereka akan terjerumus kedalam dunia malam, rokok dan alkohol (efek dari stres).

Menurut sebuah penelitian yang melibatkan sekitar 2000 orang, masa-masa terberat (stres) adalah saat berusia 1/4 hidup (20-an tahun). Neil Shah, pimpinan dari The Stress Management Society mengatakan bahwa pengalaman stres remaja di jaman sekarang bahkan jauh lebih buruk dibandingkan dengan pendahulu mereka, yakni 20-30 tahun yang lalu.

Sebenarnya Stres pada masa remaja ini dapat dihindari dengan beberapa cara seperti : Melakukan hobi yang menyenangkan, liburan bersama orang-orang tercinta dan juga menjalin hubungan yang baik dengan teman ataupun keluarga.