Menghadapi Sikap Kekasih yang Terlalu Curiga

Menghadapi Sikap Kekasih yang Terlalu CurigaSeorang pria maupun wanita yang menjalin cinta, saling menjaga kepercayaan adalah hal yang sangat penting karena dengan hal itu hubungan itu akan bertahan lama. Namun jika seorang kekasih sangat mengontrol dan cepat menaruh curiga kepada pasangannya adalah hal yang sangat menyebalkan. Bagi kalian yang mengalami hal semacam diatas bagaimana sikap kalian terhadap pasangan kalian? Terkadang ada pasangan sedikit-dikit menelepon untuk mengecek keberadaan Anda, parahnya lagi mereka tidak segan untuk mengatur dan mengekang kehidupan Anda.

Memiliki sikap yang terlalu curiga terhadap pasangan, sering mengatur, bahkan pengekangan merupakan bentuk dari sikap posesif. Jika terjadi demikian maka rasa tidak nyaman akan mendatangi anda. Menurut psikolog dan konsultan cinta, sebuah hubungan asmara sebaiknya dilandasi sengan rasa saling menghormati dan percaya terhadap satu sama lain, sehingga satu sama lain bisa lebih berkembang.

Jika anda memiliki pacar yang demikian, apa yang sebaiknya dilakukan untuk menghadapinya? Berikut langkah yang harus anda lakukan oleh rumah remaja kali ini.

1. Mencari Tahu Masa Lalunya
Cobalah mencari masa lalu dari kekasih anda mungkin rasa curiga itu muncul karena dahulu ia menjalani hubungan yang tidak baik dengan mantannya sehingga membuat dia menjadi terlalu sering curiga yang berdampak pada sikap posesif. Membicarakan baik-baik adalah solusi yang paling baik anda lakukan dan mencoba meyakinkan dia jika Anda bukanlah tipe yang suka menduakan kekasih. Anda juga bisa berbagi pengalaman jika hal itu juga pernah terjadi pada Anda.

2. Mencoba Membuat Komitmen
Setelah langkah pertama anda lakukan dan berhasil, maka selanjutnya mencoba membuat sebuah komitmen yang harus dijalani yang dulunya suka mengatur dan menaruh curiga sekarang tidak lagi saling mengetahui kabar memang harus tetapi jangan terlalu keseringan cobalah komitmen dengan janji yang telah anda buat bersama.

3. Kenalkan Dia dengan Dunia Anda
Bergaul di dunia Anda mungkin adalah langkah paling bagus cobalah mengajak ia berkumpul bersama dengan sahabat-sahabat anda sesekali agar ia lebih mengenal lingkungan Anda untuk mengurangi rasa curiganya.

4. Mengekspresikan Kekesalan
Jika anda telah mengetahui sikap dia sejak awal cobalah anda jangan tinggal diam. Cobalah katakan perasaan anda terhadapnya jelaskan bahwa Anda tidak nyaman dengan sikapnya itu. Dengan membicarakan batasan-batasan sejak awal pacaran akan membuatnya tahu bahwa Anda bukan orang yang bisa terlalu banyak diatur-atur olehnya.

5. Mengajaknya Konseling
Jika sikap curiganya sudah begitu menganggu dan sudah sampai pada tahap posesif, sebaiknya si dia berkonsultasi dengan konseling. Hal ini sangat penting dilakukan jika Anda dan dia ingin melangkah ke jenjang pernikahan, karena masalah tersebut bisa berlanjut lebih besar ketika menikah nanti. “Jika menikah, sebagai suami dan istri, kalian tetap harus mampu bersikap independen. Cobalah bujuk pacar kamu untuk mengikuti konseling atau terapi untuk mengatasi sikapnya ini.