Kiat Komunikasi Efektif dengan Keluarga

Kiat Komunikasi Efektif dengan KeluargaDalam mengenal seseorang tentunya kita harus berkomunikasi dengannya sehingga kita bisa tahu tetang dia dan kepribadiannya. Begitu halnya dalam sebuah keluarga pertanyaannya apakah anda pernah berkumpul bersama keluarga dan membicarakan masalah atau kegiatan anggota keluarga lain diluar? Ternyata sebuah penelitian membicarkan masalah ini bahwa tidak semua kelurga dapat melakukannya semua sibuk dengan kesibukan masing-masing.

Ini adalah hal yang cuku penting yang harus diketahui oleh seluruh keluarga bahwa berkomunikasi antara sesama keluarga sangat penting dan merupakan salah satu kunci untuk menciptakan hubungan yang kuat dan menjalin keharmonisan dalam keluarga tersebut. Jika anda ingin menjalin komunikasi yang efektif bersama keluarga berikut cara yang diberikan oleh rumahremaja.com kali ini semoga anda dan keluarga menjadi kelurga yang bahagia selamanya.

Luangkan waktu untuk mendengarkan
Menjadi seorang pendengar adalah hal yang cukup baik dalam sebuah keluarga. Karena kenyataannya terlihat sekarang saat orang tua menasehati anak-anaknya mereka biasanya berteriak, membentak dan mengomel apalagi jika orang tua mendengarkan hal yang negatif tetang apa yang diperbuat anak-anaknya. Untuk menghindari hal ini, jika anda secara spontan meledak sebelum anak anda selesai mengungkapkan ceritanya, minta maaf lah dengan segera dan yakinkan dia bahwa anda sekarang siap untuk mendengarkan.

Ciptakan kesempatan untuk saling berkomunikasi satu sama lain
Kebanyakan para orang tua sangat sibuk dengan urusan mereka masing-masing dan tidak menghiraukan anak-anaknya apalagi para orang tua yang sibuk dengan pekerjaan dan sosialita mereka, sehingga untuk berkomunikasi dengan anak sangat jarang. Saat anak sudah beranjak dewasa mereka seakan-akan tidak lagi mengenal orang tua mereka anak-anak lebih asyik berkumpul bersama teman-temannya dan menghabiskan waktu bersama mereka. Lambat laun orang tua mulai sadar dengan apa yang mereka lakukan krisis berkomunikasi yang terjadi dalam keluarga mereka. Inilah saat yang tepat untuk mulai merubahnya. Ciptakan kesempatan untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Kurangi kegiatan anda sebagai orang tua dan mintalah waktu luang anak agar anda dan keluarga dapat berkumpul menghabiskan satu hari dan dapat menciptakan komunikasi dengan lebih baik.

Buat tradisi keluarga
Menciptakan tradisi keluarga merupakan salah satu momen yang dapat diciptakan untuk membuat semua anggota keluarga berkumpul. Sebagai contoh : anda bisa menciptakan tradisi menyiapkan acara nonton film keluarga, menghadiri pelayanan keagamaan atau pun membuat hari libur khusus. Tidak harus selalu anda yang mengeluarkan ide, tanya juga pendapat yang lainnya apa yang ingin mereka lakukan secara bersama-sama.

Pergi liburan bersama
Pergi berlibur bersama merupakan salah satu cara untuk menghabiskan waktu dengan anggota keluarga dan membuat keluarga menjadi semakin dekat satu sama lain. Pergi liburan bersama tidak harus ke tempat-tempat yang mahal atau pun jauh anda juga dapat melakukan liburan di salah satu tempat rekreasi di kota anda yang mungkin sudah lama tidak pernah anda sekeluarga kunjungi. Ini akan menjadi seperti suatu pertualangan bersama yang dapat dinikmati bersama.

Salah satu momen yang baik untuk berkomunikasi adalah pada saat makan keluarga
Kegiatan ini selain dapat membuat semuanya berkumpul di satu meja makan, masing-masing anggota keluarga dapat saling berkomunikasi. Bila tadinya masing-masing sibuk dengan kegiatan sendiri-sendiri, disini mereka dapat saling menanyakan kegiatan masing-masing. Lakukan lah makan bersama keluarga ini sebagai salah satu ritual anda yang bisa dilakukan di pagi hari atau pun pada saat malam hari. Gunakan meja makan keluarga sebagai sebuah kesempatan untuk berbagi apa yang terjadi dalam kehidupan anggota keluarga.

Manfaatkan kecanggihan teknologi
Walaupun masing-masing anggota keluarga sibuk dengan kegiatannya sendiri-sendiri, anda tetap bisa melakukan komunikasi. Manfaatkan lah kecanggihan teknologi saat ini. Jika anda atau pun yang lainnya sering menghabiskan waktu di depan layar monitor komputer untuk tugas-tugas pekerjaan atau melakukan browsing di Web, mengapa tidak sekalian memanfaatkannya untuk menciptakan newsletter keluarga atau mungkin membuat sebuah blog keluarga. Ini akan sangat membantu untuk keluarga dalam menjaga hubungan karena anak-anak seiring dengan pertumbuhannya menjadi remaja atau pun dewasa akan mulai menjauh dari orang tua nya. Blog keluarga bahkan bisa menjadi proyek bersama yang menceritakan hal-hal menarik yang terjadi di lingkungan masing-masing anggota keluarga. Kecanggihan teknologi lainnya, anda bahkan tetap bisa bertatap muka dengan melakukan skype, atau sekedar berkirim pesan di messanger untuk tetap menjalin komunikasi yang baik dalam keluarga dan mendekatkan diri pada anak.

Menjaga komunikasi yang baik dalam keluarga dapat dilakukan dengan banyak cara. Bila komunikasi yang terjalin sangat baik, anak pun dapat dengan bebas menceritakan berbagai masalahnya pada orang tua mereka. Ini juga akan mengurangi resiko dari berbagai pergaulan bebas dan negatif lainnya. Orang tua tetap dapat saling berkomunikasi dalam memecahkan suatu masalah dalam keluarga dan anak-anak pun dapat leluasa dalam menceritakan keseharian mereka. Komunikasi jelas memperkuat ikatan keluarga. Dan semua anggota keluarga mengembangkan gaya komunikasi yang efektif yang dapat meningkatkan kualitas hubungan mereka di dalam keluarga dan juga di luar lingkungan keluarga. Jadi mengapa tidak mulai untuk meningkatkan kualitas komunikasi anda dari hari ini? Semoga informasi ini berguna.