Perilaku Menyimpang Remaja yang Menyesatkan

Perilaku Menyimpang Remaja yang MenyesatkanRUMAHREMAJA.COM – Saat manusia itu telah mencapai usia kematangan, atau bisa dikatakan sebagai seorang remaja pada saat memasuki usia remaja kebanyakan remaja itu memiliki perilaku yang menyimpang dan beberapa perilaku tersebut sangat amat salah dimata umum, namun mengapa mereka (remaja) bersikukuh untuk tetap mengagungkan perilaku menyimpang itu?

Menanggapi hal seperti ini, kita tidak boleh melihatnya dari satu sisi dan mulai menghakimi remaja atas segala tindakan salahnya tersebut. Bukankah asap muncul karena adanya api? Demikian juga dengan permasalahan remaja ini, mereka melakukan perilaku yang dianggap buruk oleh masyarakat “mungkin” bukan tanpa alasan.

Mari kita bahas bersama-sama :

Rokok
Pernah melihat remaja merokok? Hemmm.. sudah pasti jawabannya adalah “sering”. Yaa.. merokok bagi para remaja adalah sebuah perilaku yang dianggap menyimpang dikalangan masyarakat. Para remaja, khususnya pelajar mengemban tugas untuk menuntut ilmu dan meraih masa depan yang lebih baik. Di usia belia tersebut mereka belum cukup punya penghasilan sendiri untuk membeli kebutuhannya, kebanyakan mereka masih bergantung pada orang tua.

Lalu bagaimana dengan rokok? Tentu saja mereka membelinya dari uang pemberian orang tuanya dan kebanyakan didapat dengan cara yang tidak jujur.

Contohnya : Seorang pelajar meminta uang kepada orang tuanya untuk membeli buku pelajaran, namun pada kenyataannya mereka justru membeli rokok. Sangat ironis sekali, memang tidak semua remaja kita seperti itu namun alangkah baiknya kita memberikan bimbingan konseling dirumah tentang bagaimana hidup yang baik agar mereka tidak melakukan perilaku yang menyimpang (contoh : merokok). Tidak ada satupun orang tua yang senang melihat anaknya merokok. Mungkin para remaja ini merokok untuk tujuan menarik perhatian lawan jenis. Nah, disinilah peran kita sebagai orang tua untuk meluruskan pemikiran yang menyimpang dari para remaja kita.

Minuman keras
Banyak para remaja, baik putra maupun putri yang terjerumus kedalam dunia malam. Mereka melakukan ini (minum minuman keras) “mungkin” bukan tanpa alasan.

Contoh : Masa remaja adalah masa-masa yang paling menyenangkan, mereka selalu mencari perhatian dari lawan jenis. Saat mereka sama-sama merasakan kecocokan, mereka mulai menjalin sebuah hubungan yang biasa kita sebut dengan “pacaran”. Jalan didepan kita tidak selalu mulus dan lancar, demikian juga dengan pacaran. Tidak menutup kemungkinan dalam perjalanan sebuah hubungan akan terjadi konflik dan pada akhirnya mengakibatkan perpisahan (putus). Nahh.. rasa frustasi dan amarah inilah yang biasanya mengarahkan remaja ini kedunia malam yang sesat tersebut.

Sebenarnya akan lebih baik jika kita saling terbuka, anak terbuka kepada orang tua dan begitupun sebaliknya. Jika ada permasalahan bisa dibicarakan bersama-sama untuk mencari solusi terbaik sehingga perilaku menyimpang ini (minum minuman keras) akan dapat dihindari.

Demikian sedikit pembahasan tentang dua perilaku menyimpang yang paling sering dialami oleh para remaja kita.