Tindakan Jika Pasangan Sudah Mulai Bersikap Dingin

Tindakan Jika Pasangan Sudah Mulai Bersikap DinginJika anda memiliki seorang kekasih yang sangat perhatian terhadapmu adalah suatu keindahan tersendiri. Namun anda harus terus waspada karena memiliki pacar tentu ada liku-likunya dibalik semua itu ada masalah yang menghapiri hubungan anda. Jika ia tiba-tiba bersikap cuek sebaiknya anda harus cepat bertindak apa penyebabnya atau mungkin dia tidak ingin menggagu aktifitas anda apalagi jika anda telah bekerja.

Namun bagaimana jika si dia terlalu dingin dan membuat Anda merasa tak punya sosok pacar yang bisa diandalkan? Pastinya akan sangat menyebalkan dan membuat hubungan tak lagi harmonis. Padahal, seperti yang kita tahu bahwa komunikasi adalah kunci penting hubungan. Dengan berkomunikasi maka seseorang dapat mengenal dan mengetahui orang lain dengan lebih baik.

Selain itu dengan berkomunikasi, yang bersangkutan juga dapat menyampaikan pikiran dan perasaan yang ingin diutarakan kepada orang lain. Lantas, jika komunikasi tidak lancar karena satu pihak terlalu cuek, apa yang sebaiknya dilakukan untuk menghangatkan kembali suatu hubungan? Psikolog sekaligus konsultan cinta Wolipop memberi beberapa saran sebagai pencerahan.

1. Ajak Bicara
Memang tidak menyenangkan bila pasangan terlihat cuek, tidak mendengarkan dengan seksama ketika diajak berbicara. Hal ini mungkin terjadi karena meski ia ada secara fisik, namun pikirannya ada di tempat lain. Bisa saja ia sedang memikirkan pekerjaan atau urusan lain sehingga tidak fokus pada apa yang sedang dibicarakan saat itu.

Dalam situasi demikian, idealnya adalah menarik kembali perhatian si pasangan terhadap Anda. Caranya dapat dengan secara persuasif, seperti mengingatkannya bahwa Anda sedang berbicara dan membutuhkan pendapatnya. Tak ada salahnya juga jika Anda ingin mengungkapkan kegundahan hati tersebut secara langsung pada si dia. Dengan begitu, Anda tak lagi perlu menerka-nerka dan mengetahui jawabannya.

“Mungkin saja hasilnya adalah kalian saling sayang namun perlu meningkatkan toleransi/kepedulian terhadap kebutuhan satu sama lain. Atau mungkin kalian mengalami kejenuhan dalam hubungan dan membutuhkan sesuatu aktivitas baru,” tutur Ratih Ibrahim.

2. Me Time
Ketika pasangan sedang cuek-cueknya, Anda tak perlu memikirkannya hingga berlarut-larut. Bukannya masalah selesai, justru akan tercipta drama romansa dalam hubungan. Lebih baik, Anda manfaatkan waktu untuk diri sendiri agar tidak menjadi emosi dan pikiran tetap tenang.

“Kamu perlu fokus terlebih dahulu pada kebutuhan ‘me time’, yakni meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang positif dan menyenangkan yang dapat meningkatkan kesehatan mental diri kamu sendiri, seperti berolahraga, melakukan perawatan tubuh, meningkatkan penampilan, jalan/bersosialisasi bersama teman-teman. Kedua, berikan juga kesempatan ruang bebas yang sama untuk pasangan melakukan ‘me time’ bagi dirinya sendiri,” jelas Ratih

Ratih menambahkan, seringkali pasangan yang sudah lama berhubungan sering lupa bahwa mereka butuh waktu untuk mengisi kembali energi mereka yang telah terkuras untuk memikirkan hal-hal sehari-hari. Padahal hal ini penting untuk kesehatan mental masing-masing.

3. Mencari Aktivitas Lain
Untuk menghangatkan kembali hubungan yang sudah mulai ‘dingin’, luangkan waktu untuk melakukan aktivitas khusus bersama pasangan yang menyenangkan.

“Atau mungkin kalian mengalami kejenuhan dalam hubungan dan membutuhkan sesuatu aktivitas bersama yang baru untuk menyegarkan hubungan. Misalnya: mengubah tempat jalan-jalan, mengubah tempat makan, mengubah aktivitas dari yang biasanya nonton bioskop sesekali mengajaknya karaoke bersama dengan teman-teman lain ataupun lari bersama,” tambah ibu dua anak itu.