Persahabatan Tidak Sekedar Kumpul Bersama

Persahabatan Tidak Sekedar Kumpul BersamaAnda punya teman yang sangat akrab dengan anda atau dapat dikatakan sebagia sahabat, jika benar maka anda harus menjaganya karena sangat jarang orang mendapatkan sahabat apalagi tergolong sangat lama dan masih tetap akrab. Pertengkaran mungkin terjadi diatara anda dengan sahabat anda namun hal itu bukanlah alasan yang membuat persahabatan anda menjadi renggang. Jadi, sebenarnya bukan pertengkaran atau beda pendapat yang bikin persahabatan anda memudar. Lalu apa penyebabnya?

Bosan.
Kebosanan bisa memudarkan semua hubungan, hubungan kamu dan pacar, juga kamu dan sahabat. Jika sudah jomblo, ditinggal sahabat pula, tentu sangat tidak mengasikkan. Jika persahabatan kalian cuma sekedar nongkrong atau kumpul bersama, gosip, dan gaul bareng, suatu saat sahabatmu akan bertemu orang baru dan kebetulan merasa cocok dan get along lebih sering dengan orang itu karena dia sudah bosan sama anda, walaupun anda tidak melakukan kesalahan apapun.

Coba intip persahabatan orang-orang yang menekuni hobinya dengan serius, persahabatan para penulis, pelukis, orang-orang teater, atau penari, kenapa selalu langgeng, sampai dia sudah kawin-cerai sahabat terdekatnya masih sama. Karena di antara mereka selalu ada take and give. Menerima dan memberi ini bukan masalah materi sebetulnya.

Berikan sesuatu yang dibutuhkan sahabatmu, misalnya kepedulian. Kepedulian itu tidak hanya di SMS/bbm/whatsapp/twitter dengan bilang “Baby, aku berduka cita kamu yang sabar ya sayaang” tapi buktikan dengan datang dan temani dia sampai berhari-hari, menjalani hari-hari dukanya. Menerima pendapat yang dia kemukakan, menerima cara dia berkomunikasi yang mungkin beda denganmu.

Itulah beberapa saran atau masukan buat anda jika memiliki sahabat agar persahabatan itu bermakna dan terjalin lama hingga ajal memisahkan kalian.