Cara Membuat Anak Remaja Terbiasa Bangun Pagi

Cara Membuat Anak Remaja Terbiasa Bangun PagiRUMAHREMAJA.COM – Sebelumnya artikel ini admin peruntukan buat para orang tua namun sangat penting buat para anak remaja. Jika Anda mencari artikel seperti judul diatas itu berarti anak remaja Anda sering bangun kesiangan. Mungkin juga Anda sudah bosan teriak-teriak atau bolak-balik membangunkan anak remaja Anda di pagi hari agar tidak terlambat sekolah, tetapi si anak tetap saja sulit bangun. Membangunkan anak remaja di pagi hari kadang membuat orangtua frustasi.

Kondisi susah membangunkan anak remaja yang sulit bangun pagi dialami hampir seluruh orangtua dan anak remaja di dunia. Hal ini terjadi karena pada saat remaja terjadi perubahan hormon yang membuat jam biologis tubuh terganggu. Selain dari yang admin sebutkan diatas sebetulnya kebiasaan anak remaja bangun telat atau kesiangan diakibatkan tidak adanya kebiasaan orang tua untuk membangunkan anaknya untuk bangun di pagi hari apalagi jika Anda orang yang beragama islam bangun shalat subuh merupakan kewajiban setiap insan beragama islam dan diwaktu inilah kesempatan orang tua mengajarkan anak-anaknya untuk bangun.

Berikut beberapa cara yang bisa membuat remaja terbiasa bangun pagi yang sempat admin rangkum dari beberapa sumber:

1. Suruh remaja tidur lebih awal
Kesulitan bangun di pagi hari sering diakibatkan karena remaja kurang tidur dan tidur terlalu larut malam. Menyuruh remaja tidur lebih awal dan memastikannya mendapatkan 8 sampai 9 jam tidur setiap malam dapat membantu membangunkan remaja di pagi hari dengan lebih mudah.

2. Buka tirai dan biarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan
Paparan sinar matahari pagi tidak hanya membantu jam biologis remaja menyadari sudah waktunya untuk bangun, tetapi juga membantu mengatur jam biologis sepanjang hari, sehingga ia akan memiliki jam tidur yang teratur.

3. Tetap tidur dan bangun di jam yang sama meski akhir pekan
Meski di akhir pekan tidak ada kewajiban untuk bangun pagi, namun bila Anda bangun terlalu siang dan tidur terlalu malam di akhir pekan bisa mengganggu jam biologis tubuh sehingga menyulitkan Anda bangun di Senin pagi. Remaja boleh saja bangun agak siang, tapi sebaiknya tidak lebih dari 2 atau 3 jam agar tidak mengganggu jam tubuh.

4. Olahraga teratur
Ajaklah remaja untuk berolahraga secara teratur selama seminggu, namun batasi aktivitas 2 hingga 3 jam sebelum tidur. Hal ini akan membuat remaja memiliki waktu tidur yang baik dan tentunya mampu bangun lebih pagi.

5. Jauhkan komputer dan kafein sebelum tidur
Agar remaja dapat tidur dengan baik, jauhkanlah dari hal-hal yang bisa mengganggu tidurnya, seperti kafein, komputer atau berdebat di malam hari. Hindari tidur dengan sinar komputer atau TV yang berkelap-kelip di kamarnya. Sebaiknya matikan lampunya saat tidur yang akan mempercepat produksi hormon melatonin, sehingga membantu remaja tidur lebih nyenyak.