Kewaspadaan Orang Tua tentang Remaja Usia Sekolah Menengah

Kewaspadaan Orang Tua tentang Remaja Usia Sekolah MenengahRUMAHREMAJA.COM – Seorang anak akan memperlihatkan kematangan dalam berfikir saat mereka telah memasuki usia sekolah menengah sehingga akan berpengaruh besar dalam berprilaku terggantung pada siapa mereka berteman. Olehnya itu sebagai orang tua sudah menjadi kewajiban agar mendidik anak dengan sebaik mungkin dan tidak terjerumus dalam pergaulan bebas. Ada beberapa hal yang harus diingat sewaktu anak Anda mulai memasuki sekolah menengah. Meskipun setiap budaya yang berbeda memiliki pengharapan yang berbeda bagi remajanya, saya percaya bahwa prinsip-prinsip ini berlaku universal.

Anak Anda akan berubah
Drastis. Semakin cepat Anda menerima kenyataan ini, semakin baik. Di penghujung pubertas, dia akan menjadi seorang dewasa muda. Anak Anda akan berubah dalam hampir semua aspek hidupnya. Daripada menyesali perubahan-perubahan ini, bantulah anak Anda mengembangkan kebiasaan dan sifat yang positif.

Perubahan-perubahan ini dapat menganggu mereka
Mereka mudah menjadi pemurung, pemarah, dan meledak-ledak. Anda tidak harus menerima perilaku buruk atau kasar mereka, tetapi sadarilah bahwa penyebab utama perilaku buruk ini adalah banjir hormon yang sedang mengalir dalam tubuh anak Anda. Penyebab kedua adalah bahwa mereka merasa dunia mereka sedang berubah.

Anak Anda akan lebih mementingkan pendapat teman-temannya daripada pendapat Anda
Ini wajar, jadi jangan merasa sakit hati atau tersinggung. Anak Anda masih mengasihi Anda – terkadang, mungkin sangat tidak kentara. Untuk sementara waktu, salah satu tujuan utamanya adalah mendapatkan status dari teman-temannya. Ini terkadang dapat terlihat begitu menyeluruh; mempengaruhi segala sesuatu dari cara dia berpakaian, berbicara, sampai pilihan film dan musik yang dibuatnya. Ini normal.

Anak Anda mungkin akan lebih fokus pada status sosialnya daripada hal lain – termasuk tugas sekolah
Pahamilah bahwa anak Anda mungkin akan berkurang minatnya dalam mengerjakan tugas sekolah. Ada pengecualian. Namun, bahkan siswa teladan pun terkadang mengalami penurunan dalam kinerja akademis mereka.

Anak Anda akan mendorong setiap batasan
Tetapkan batasan-batasan yang jelas bagi anak Anda. Kemudian, terapkanlah. Namun, hati-hati dan bersikaplah bijak. Sadarilah bahwa mungkin akan ada konflik mengenai batasan-batasan ini. Namun, ingatlah bahwa batasan-batasan ini akan menyediakan stabilitas dan prediktabilitas bagi anak Anda selama tahun-tahun penuh ketidakpastian ini.

Pertahankan hubungan baik
Terkadang adalah lebih baik untuk bersikap fleksibel mengenai sesuatu daripada merusak hubungan Anda dengan anak Anda. Terkadang adalah lebih baik untuk menyerah dan menghapus konflik daripada terus bertengkar. Setiap orang tua harus memutuskan kapan saat yang tepat untuk bersikap tegas dan kapan saat yang tepat untuk mundur. Ketika masa remaja anak Anda berakhir, dia akan mampu melampaui banyak masalah seperti ini. Hubungan Anda berdua di kemudian hari berlandaskan hubungan yang Anda bina dengannya selama tahun-tahun remaja ini.

Perlihatkan kasih dengan cara-cara yang anak Anda pahami, bahkan jika Anda sendiri tidak memahaminya
Temukan sesuatu untuk dilakukan bersama anak Anda yang merupakan kegemarannya.

Sadarilah bahwa masa ini akan berakhir
Seperti masa pertumbuhan lainnya dalam kehidupan anak Anda, ini pun akan berakhir. Setelah ini berakhir, anak Anda akan menjadi seorang dewasa muda. Dengan demikian, dia akan memperoleh kebebasan yang lebih besar dan akan meninggalkan rumah beberapa tahun lagi. Meskipun ini dapat menjadi tahun-tahun yang penuh tantangan, adalah penting untuk mensyukuri dan merangkul kesempatan unik ini.