Kategori Seseorang Dapat Dikatakan Telah Dewasa

Kategori Seseorang Dapat Dikatakan Telah DewasaRUMAHREMAJA.COM – Menurut Anda yang sedang membaca artikel ini, bagaimana seseorang itu dapat dikatakan telah dewasa? Apakah dengan usia 20 tahun seseorang dapat dikatakn dewasa? Mungkin setiap orang memiliki pendeskripsian yang berbeda tentang arti dewasa yang sesungguhnya. Di dalam siklus kehidupan,  pastinya kita akan memasuki tahap dewasa, dimulai dari tahap bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa dan tua. Jadi fase dewasa dalam hal pertumbuhan secara fisik dapat kita rasakan dan tidak mungkin lompat langsung dari remaja langsung tua. Ya kan?

Setiap orang pasti punya pandangan sendiri dong dengan arti dewasa yang sesungguhnya. Selama kedewasaan itu masih ada pada jalur yang benar. Berikut kata teman-teman tentang seseorang dikategorikan dewasa. Hal ini keluar secara langsung dari mereka, tanpa tanya-tanya, hanya keluar spontanitas, kurang lebih seperti ini :

“Dewasa itu mesti coba yang namanya rokok! Gak merokok gak dewasa!!”

“Kagak dewasa namanya kalau belum pernah kelahi trus bonyok!!”

“Dewasa itu disaat kita mandiri dan bisa ngasilin uang sendiri.”

“Dewasa itu lu bisa bermanfaat buat diri sendiri dan orang banyak.”

Yang cewek juga ada bilang dewasa itu seperti :

“Dewasa itu disaat kita merasa udah bisa bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan keluarga khususnya.”

“Layaknya orang dewasa yang sesungguhnya, orang dewasa terlalu banyak nyuruh-nyuruh dan egois, aku benci kalau akhirnya bakal jadi dewasa juga.”

“Dewasa itu dapat dilihat dari pemikirannya dan hasilnya, bertanggung jawab, perfecsionis, berjiwa besar, dll.”

Dari kata-kata diatas sudah terbukti jika dewasa itu memiliki defenisi yang berbeda-beda menurut isi kepala masing-masing. Dari tanggapan yang cowok,  yang tentang merokok, berkelahi dan lainnya. Mungkin itu hanya sekedar bercanda. Karena apa? Ya orang dewasa pada umumnya seperti begitu. Hobi nge-rokok dan terkadang sering berkelahi. Kalau tanggapan dari para cewek, mereka dari yang aku lihat lebih serius menanggapi arti dewasa menurut pemahaman mereka masing-masing.

Dewasa itu tergantung kita melihat dan menyikapnya, yakni dapat dilihat dari :
1. Fisik, pastinya dewasa itu nampak dari umurnya. Ia kan?? Tentunya karena jika sudah berumur 30 tidak mungkin dikatakan remaja. Besarnya tubuh atau kecilnya tubuh tidak mempengaruhi orang kelihatan dewasa atau tidak. Ada juga yang badannya kecil tapi ternyata umurnya sudah 40 tahun.

2. Pemikiran. Kedewasaan orang nampak dari pola pikir mereka. Orang dewasa cenderung berpikir panjang dan meneliti segala resiko yang mungkin bakal terjadi. Kenyataannya orang yang tidak dewasa dalam hal pemikiran, cenderung berpikir pendek dan mengabaikan resiko.

3. Serius. Orang dewasa itu tidak banyak becandaan, mereka mengtahui mana waktunya becanda dan tahu kapan waktunya serius. Serius itu adalah hal yang paling dibutuhkan. Apa gunanya orang dewasa sering becanda dan bermain?

4. Punya Prioritas. Tiap orang dewasa, tahu persis skala prioritas yang akan dia ambil untuk me-menage kehidupannya. Dia tahu mana yang sangat dibutuhkan dan tahu mana yang tidak terlalu dibutuhkan. Karena jika sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan itu dianggap lebih penting dan dimiliki, maka pada akhirnya bakal rugi sendiri.

Contohnya saja, ada orang dewasa yakni orang tua, memberikan anaknya yang masih berumur 6 tahun gadget yang keren dan mahal. Setelah itu si anak sibuk main game saja, lupa belajar, orang tua sepertinya belum dapat mengetahui mana yang baik dan buruk untuk keluarganya masih kecil dalam hal pemikiran.

Jika masalahnya seperti demikian, apakah orang tua itu bisa disebut dewasa? Mereka para orang tua mengabaikan prioritas si anak dan keselamatan si anak. Tidak berpikir panjang  bagaimana resiko jika si anak diberikan benda semacam itu. Maunya anak sekecil itu dibelikan buku atau sarana penunjang belajar agar lebih aktif, pintar dan kreatif.

5. Bertanggung jawab, melaksanakan hak dan kewajiban, mandiri, punya integritas, sosoknya menjadi panutan, dan lain-lain.

Itu saja menurut admin yang dapat dikategorikan orang telah dewasa, mungkin masih banyak lagi versi-versi menurut sahabat rumahremaja.com. Dalam kehidupan Anda, mungkin Anda dapat melihat ada segelintir orang yang dewasa sebelum waktunya. Tapi itu jarang kali ya. Biasanya orang yang disebut dewasa sebelum waktunya itu dapat dilihat dari segi :

1. Pikiran atau tutur kata
Dari segi pemikirannya yang kreatif dan panjang ke depan kayak orang dewasa. Aksen dewasanya kan jadi nampak tuh, padahal umur masih remaja atau menuju tahap dewasa.

2. Penampilannya
Banyak orang yang menampilkan aksen kedewasaan dari penampilannya di umurnya yang masih belasan. Seperti yang aku bilang tadi diatas, ntah dari pakaian, atau hal-hal yang sering dipakai orang dewasa, padahal umurnya  bukan termasuk kategori dewasa juga.

3. Menikah.
Masih remaja atau belasan tahun udah  nikah. Mau nggak mau mereka harus manjadi orang dewasa walaupun belum waktunya.

4. Anak-anak yang ditinggal mati Ayah-Ibunya. Terkadang seorang anak  atau remaja ada yang harus bekerja keras seperi orang dewasa, membiayai adik-adiknya. Menjadi tulang punggung keluarganya. Biasanya keadaan seperti ini akan menumbuhkan sifat dewasa sebelum waktunya pada dirinya. Ya gak Sobat?

5. Pengaruh lingkungan. Anak-anak atau remaja yang sering bermain dengan banyak tipe orang dewasa, besar kemungkinan dia bakal dewasa sebelum waktunya. Media seperti TV juga termasuk apabila para orang tua gak mengontrol apa saja hal yang ditonton sang anak.

Walau bagaimanapun, dewasa itu adalah tahap middle yang waktunya lebih panjang dari waktu anak-anak dan remaja. Setelah itu kita bakal tua dan mati. Ada baiknya kita yang belum dewasa juga berusaha untuk mempersiapkan kedewasaan itu dengan banyak belajar. Karena dewasa itu akan lebih sering menghadapkan kita pada banyak masalah, dan masalah itu lah yang lambat laun semakin hari akan membuat kita tumbuh secara matang dan lebih dewasa dalam menyikapi sesuatu. Menjadi dewasa nggak mudah, penuh banyak resiko dan tantangan. Mungkin Sahabat bisa banyak bertanya sama orang dewasa.