Pola Makan yang Tepat Bagi Perkembangan Anak Remaja

Pola Makan yang tepat Bagi Perkembangan Anak RemajaRUMAHREMAJA.COM – Mengapa semua orang diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat? Apalagi bagi remaja yang dalam masa pertumbuhan. Untuk tumbuh dan menjadi remaja yang sehat, tentunya Anda perlu nutrisi yang lengkap agar bisa bertumbuh optimal, baik tinggi maupun berat badan, serta mampu melakukan berbagai aktivitas. Panduan ini bisa membantu Anda yang dalam masa pertumbuhan. Mengkonsumsi makanan yang sehat membantu Anda bisa tumbuh lebih optimal dan lebih aktif!

Makanlah sesuai waktunya
Makan sebanyak tiga kali sehari dengan cemilan salah satu cara terbaik untuk mempertahankan berat badan dengan sehat. Jika Anda melewatkan sarapan atau makan malam, Maka akan membuat Anda lebih merasa lapar dan cenderung makan lebih banyak dengan makanan yang tidak sehat. Oleh sebab itu hal ini sangat penting buat Anda yang masih dalam masa pertumbuhan.

Membawa bekal makan siang dari rumah
Selain Anda menghemat uang jajan, dengan membawa makanan siang dari rumah akan menghemat waktu Anda dengan tidak perlu mengantri di outlet makanan. Makanan yang Anda siapkan dari rumah tentunya Anda sudah tahu bahwa makanan itu menyehatkan dari pada mengantri di outlet makanan yang belum jelas kesehatannya.

Lebih memilih makanan yang dipanggang atau direbus, bukan yang digoreng
Dibandingkan makanan yang dipanggang atau direbus, makanan yang digoreng mempunyai 50% kalori atau lemak lebih banyak. Olehnya itu bagi Anda sebaik mungkin untuk selalu menjaga makanan yang Anda konsumsi dirumah atau diluar rumah.

Kurangi fast food
Makan sekali-sekali boleh, tetapi jaga porsinya dan hindari fast food berukuran besar. Kalori dalam fast food berukuran besar akan ditumpuk menjadi lemak dan mengakibatkan naiknya berat badan. Kebanyakan fast food juga kaya akan lemak jenuh, gula, garam, dan kurang nutrisi penting vitamin dan mineral.

Mengemil dengan sehat
Salah satu cemilan sehat adalah buah dan sayur. Selain kaya serat, buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan Anda. Supaya tidak bosan, variasikan dengan yogurt buah, jus, atau salad. Atau campur dengan buah/sayur kesukaan Anda. Misalnya jus buah yang Anda tidak suka dengan yang Anda suka untuk mengurangi rasa yang tidak enak.

Makan dengan nutrisi yang cukup dan seimbang
Selain karbohidrat (nasi, roti, pasta), juga konsumsi protein (daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak), lemak (ikan, kacang, salad dressing rendah lemak, alpukat), juga buah dan sayur dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Hindari soft drink
Minuman ini tidak mengandung vitamin, mineral, protein atau serat. Daripada minum soft drink dengan hanya mendapatkan asupan karbohidrat, lebih baik minum susu dengan kandungan nutrisi yang lebih beragam, terutama nutrisi kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.