Arti, Makna, Definisi dan Pengertian Kata Cabuli

RUMAHREMAJA.COM – Kita mungkin tidak asing lagi dengan istilah “cabuli” atau “dicabuli” atau “mencabuli” karena istiliah-istilah tersebut seringkali terdengar dalam berita di media massa. Hanya saja, tidak semuanya mengerti dengan benar apa sebenarnya arti, makna dan pengertian dari kata “cabuli” itu sendiri.

Sebenarnya istilah “cabuli”, “dicabuli” atau “mencabuli” berasal dari kata dasar “cabul”. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan kata “cabul” sebagai: keji dan kotor; tidak senonoh (melanggar kesopanan, kesusilaan).

Ilustrasi Perbuatan Cabul
Ilustrasi Perbuatan Cabul

Pada catatan lain sebagaimana dilansir dari Wikipedia, istilah cabul didefinisikan sebagai keinginan atau perbuatan yang tidak senonoh menjurus ke arah perbuatan seksual yang dilakukan untuk meraih kepuasan diri di luar ikatan perkawinan.

Nah, dengan memahami istilah dasar “cabul”, kita mungkin akan dengan mudah mengerti apa arti dan makna dari kata-kata turunannya, antara lain:

  • Cabuli: melakukan perbuatan keji dan kotor serta tidak senonoh terhadap orang lain yang melanggar kesopanan dan kesusilaan
  • Dicabuli: Diperlakukan secara keji dan kotor serta tidak senonoh yang melanggar kesopanan dan kesusilaan
  • Mencabuli: Melakukan perbuatan keji dan kotor serta tidak senonoh terhadap orang lain yang melanggar kesopanan dan kesusilaan. Menurut KBBI, istilah “mencabuli” juga bisa dimaknai sebagai: (1) mencemari (kehormatan perempuan); (2) memperkosa atau melanggar hak (kedaulatan dan sebagainya).