Sahabat Anda Suka Mengadu Berikut Cara Menghadapinya

Sahabat Anda Suka Mengadu Berikut Cara MenghadapinyaRUMAHREMAJA.COM – Setiap orang punya masalah masing-masing namun tidak jarang banyak orang mengeluhkan masalahnya dengan terang-terangan termasuk sahabat Anda. Kebanyakan orang ketika mendengar keluhan yang terus menerus maka lama kelamaan akan merasa bosan. Lalu, bagaimana menghadapinya? Berikut cara:

Dengarkan

Mendengarkan keluhan dari sahabat Anda  merupakan salah satu caranya. Sahabat yang datang dengan pengaduannya sebetulnya dia hanya ingin Anda mendegarnya karena dengan Anda mendengarnya maka akan membuat sahabat Anda diam dengan sendirinya.

Bersimpati

Semua orang suka jika diberi simpat apalagi jika dia sahabat Anda yang datang pada Anda dan mengeluhkan kesedihannya. Sahabat Anda hanya membutuhkan orang memahami apa yang dia rasakan. Simpati Anda dapat membantu sahabat Anda menghadapi situasi menjadi lebih baik.

Berempati

Ini baik untuk melatih empati, atau membuat Anda berpikir jika posisi yang sahabat Anda rasakan berada pada posisi Anda. Empati dapat membantu lebih sabar ketimbang mengeluh.

Solusi

Memberikan sahabat Anda sedikit solusi agar dapat terbebas dari masalah yang dia rasakan. Apakah Anda tahu jika mungkin saja suatu saat nasehat yang Anda berikan dapat dia terapkan dan merubah kehidupannya. Sahabat Anda tidak mungkin mengeluh lagi jika berpikir Anda punya solusinya.

Berbagi

Sahabat yang datang pada Anda dengan keluhannya, sebetulnya tidak bisa melihat kenyataan. Sebab siapa saja yang punya masalah biasanya menganggap hanya dirinya yang punya masalah. Oleh sebab itu, ceritakan masalah Anda agar mereka tahu bahwa orang lain juga memiliki kesulitan dan masalah hidup.