Alasan Cewek Suka Berdandan

Cewek Suka BerdandanHampir semua wanita/cewek memiliki kebiasaan ini : mandi, kemudian berdandan, minimal memulas bedak dan menyisir rambut. Rasanya kita tak cukup percaya diri untuk keluar rumah atau beraktivitas tanpa make up. Tapi pernahkah Anda bertanya mengapa kita, kaum hawa, senang atau butuh make up? Mungkin Anda akan menjawab, berdandan supaya terlihat cantik atau biar pede. Tapi ternyata alasan sebenarnya tak sesederhana itu.

Sebenarnya ada dorongan dari dalam yang membuat wanita/cewek gemar berlama-lama di depan kaca dan merias diri. Sebuah studi dilakukan para ahli dari Perancis yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Science. Disebutkan, setiap wanita/cewek suka dandan karena kegiatan merias diri tersebut merangsang tiga indrae, yakni peraba, penciuman, dan penglihatan.

pertama, ketika berdandan, indera penglihatan kita dimanjakan oleh keindahan yang tercipta dari kegiatan memulas mata, bibir, dan pipi yang kita lakukan.

Kedua, tergantung jenis kosmetik yang kita pakai, berdandan juga menstimulasi indera penciuman. Beberapa jenis kosmetik, seperti bedak, foundation, juga lipstik memiliki wangi yang khas dan enak.

Ketiga, indera peraba kita juga terangsang, terutama ketika proses pengaplikasian kosmetik. Ingat kan bagaimana sensasi rasa yang ditimbulkan ketika kita memulas blush on pada bagian pipi, atau lembabnya bibir setelah dipulas lipstik? Namun, temuan paling menarik dari studi tersebut adalah kosmetik memberikan dampak psikologis bagi pemakainya, yakni kamuflase dan bergairah.

Kamuflase yang dimaksud para ahli di sini adalah berkurangnya rasa cemas, lebih pede, dan emosi lebih stabil. Sedangkan bergairah maksudnya adalah ketika bertemu orang lain kita akan merasa lebih tegas dan terbuka. Bukankah efek psikologis yang timbul akan berbeda ketika kita memakai lipstik merah menyala dengan lipstik warna-warna nude?

Hampir semua cewek selalu peduli dan memperhatikan setiap apa yang dikenakannya. Mulai dari pakaian, make-up dan potongan rambutnya. Bahkan, mereka biasanya menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk berdandan. Sebenarnya apa sih yang membuat para cewek ini sangat hobi dandan?

Berbeda dengan cowok yang cenderung cuek dengan penampilan, cewek sangat peduli dengan penampilannya. Bahkan, mereka bisa stres hanya karena ada satu jerawat di wajahnya. Hm,, sedikit lebay sih, tapi ya itulah cewek dengan sejuta masalahnya.

Nah ternyata cewek hobi dandan juga ada alasannya lho. Mau tahu apa alasannya? Berikut beberapa alasan kenapa cewek hobi dandan. Simak baik-baik yah!

1.   Ingin terlihat cantik.

Bagi cewek, kecantikan adalah segalanya. Itulah sebabnya mereka ingin tampil cantik setiap saat. Menjadi cewek cantik adalah kebanggaan yang sangat luar biasa untuk mereka. Karenanya tidak jarang diantara mereka ada yang melakukan operasi plastik.

Hampir semua cewek mempunyai banyak kosmetik di kamarnya. Mulai dari krim pemutih wajah, bedak, lipstik dan parfum serta masih banyak lainnya. Ini semua digunakan hanya karena ingin tampil cantik. Jadi, buat kamu para cowok yang lagi pendekatan sama cewek, coba saja puji dia dengan kata-kata “kamu cantik,” dijamin dia langsung klepek-klepek.

2.   Kebiasaan sejak kecil.

Dari anak-anak, para cewek diajarkan untuk tidak keluar dengan tampil apa adanya. Anak gadis memang dituntut untuk memakai berbagai hal untuk menjaga kecantikan mereka. Dari sekedar bedak untuk melindungi kulit dan membuatnya berminyak, hingga lipgloss untuk menyegarkan tampilan bibir yang sering kali nampak pucat.

Kebiasaan ini berlanjut hingga dewasa, membuat cewek tidak bisa keluar tanpa make-up. Itulah sebabnya cewek lebih mementingkan kosmetik dari yang lainnya. Kasihan banget yah yang jadi pacarnya ni cewek karena dinomor-duakan sama kosmetik…

3.   Lihat iklan.

Ternyata iklan kosmetik di televisi juga bisa berpengaruh pada pola pikir para cewek. Iklan kosmetik yang menawarkan efek cantik dalam sekejap membuat para cewek terbius dan langsung mencobanya. Padahal kosmetik tersebut belum tentu ampuh.

4.   Kecanduan.

Banyak cewek mengaku selalu berdandan menggunakan kosmetik karena kulit mereka sudah kecanduan. Jika tidak menggunakan kosmetik maka jerawat akan muncul kembali atau kulit menjadi kusam dan berbagai masalah lainnya. Itulah sebabnya mereka mengaku tidak bisa lepas dari kosmetik.

Sekarang bagaimana dengan kamu, apa alasan kamu selalu berdandan atau menggunakan make-up?