Boneka Barbie: Dunia Realistis atau Rasis?

Boneka BarbieAda lebih dari 200 Barbie di koleksi Boneka Mattel Dunia, semua mengenakan kostum yang menunjukkan penghormatan kepada negara yang berbeda.

Koleksi debutnya pada tahun 1980 dengan Paris, Boneka Inggris, dan Italia dan ditujukan pada anak-anak dan kolektor dewasa, dengan gaya yang sama.

Tetapi versi terbaru, terutama yang mewakili Amerika Latin, yang menyebabkan kontroversi online.

Yang terbaru Mexico Barbie, dirilis pada bulan Juni 2012, telah ditemukan kembali oleh penggemar Barbie – dan sedang disebut oleh kritikus baru untuk menjadi ofensif ketimbang pendidikan.

Jika punya uang berlimpah, membelikan anak mainan mahal seperti boneka Barbie seharga rumah miliaran rupiah bisa saja dilakukan orangtua. Tetapi apakah itu dapat membantu perkembangan anak?

Tujuan utama sebuah mainan adalah membantu perkembangan otak anak kecil, dalam menangkap peristiwa kecil yang terjadi diseputar kehidupan mereka. Salah satu dari Barbie yang paling aneh yang pernah ada, terdapat perut magnetik yang dapat dibuka, dan terdapat boneka bayi di dalam perutnya.

Anak-anak sering memainkannya dan seolah menjadi dokter dan melakukan persalinan. Pada awalnya boneka ini didesain sedemikian rupa untuk mengkampanyekan bahaya sex bebas bagi para remaja.  Dibeberapa negara terjual laris karena tidak menyebabkan kontroversi dan masih mengandung pendidikan anak.

BONEKA Barbie telah hadir dalam berbagai wujud sejak 1959. Produsen boneka ini terus mengembangkan ide mewujudkan berbagai model memberi beragam pilihan pada pembeli.

Baru-baru ini, perusahaan pembuat Barbie, Mattel Inc. meluncurkan World Collection untuk merayakan perbedaan budaya yang ada di dunia. Namun tidak semua orang menyambut hal ini dengan positif.

Salah satunya Felix Sanchez, ketua National Hispanic Foundation for the Arts yang mengutarakan ketidaksetujuannya dengan boneka Barbie versi Meksiko. Ia memberikan pernyataan, “(Boneka) ini dibuat untuk masa waktu yang berbeda.” Menurutnya boneka Barbie versi Meksiko tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya ada di kehidupan sekarang.

Koleksi yang sebelumnya pernah diperkenalkan pada tahun 1980 namun diperbaharui pada tahun 2012 menuai kontroversi karena dianggap menimbulkan stereotip budaya dan cerminan yang tidak tepat dari segi pilihan pakaian dan ciri khas aksesoris, meskipun secara kasat mata kita bisa mengatakan bahwa boneka ini memang mewakili negara seperti Meksiko, China, India, dan Belanda dan merupakan alat pendidikan bagi anak-anak.

“Mereka gemar mengeksplorasi dunia dan mempelajari budaya baru melalui mainan dan Barbie memahami cara yang tepat untuk memperkenalkan hal ini kepada mereka semua” ungkapnya.

Perusahaan Mattel melalui berbagai media masa meluruskan beberapa berita berbau kritik, bahwa Barbie seri Dunia terbaru ditujukan sebagai alat pendidikan untuk anak-anak di segala umur untuk mengetahui budaya di setiap negara.

Jadi, untuk Ayah Bunda tercinta, jangan ragu lagi atau bingung, pada momen terpenting si kecil, hadiah apa yang akan diberikan?

Aneka koleksi boneka Barbie sepanjang zaman masih tetap digemari sebagai mainan anak-anak yang mampu meningkatkan pola pikir dan daya imajinasi mereka. Ayo buruan ke supermarket atau toko mainan anak-anak terdekat, untuk membeli satu buat buah hati tercinta.