Tanda-Tanda Hubungan Percintaan yang Sehat

Tanda-Tanda Hubungan Percintaan yang SehatSiapapun tentu ingin bisa menghabiskan hidupnya dengan seseorang yang benar-benar dicintai. Tetapi kadang-kadang, cinta tidak seindah seperti yang kita bayangkan. Setiap hubungan harus melalui fase sulit atau fase bahagia.

Ada pasangan yang bisa menikmati hubungan asmaranya dan jarang diganggu oleh masalah-masalah yang muncul di dalam hubungan. Dan mereka inilah yang patut disebut pasangan bahagia.

Masalah yang ada tidak sampai membuat hubungan retak, dan bahkan tidak membuat mereka ingin berpisah.

Mungkin hubungan Anda termasuk dalam hubungan seperti ini, disebut sebagai hubungan cinta yang sehat dan patut menjadi contoh bagi pasangan lain.

Tanda-tanda hubungan cinta yang sehat :

1.   Dilandasi kepercayaan

Kepercayaan adalah salah satu landasan dan dasar yang harus ada di dalam setiap hubungan. Tak ada kepercayaan, hubungan asmara akan selalu dipenuhi dengan cemburu dan kecurigaan.

Bila sebuah hubungan hanya diisi dengan cemburu dan curiga, Anda dan pasangan jadi sering bertengkar hanya karena hal-hal kecil. Tetapi, kalau saling percaya, hubungan asmara jadi lebih adem ayem dan tak terganggu oleh hal-hal sepele.

2.   Menghormati pasangan

Pria memang menjadi kepala rumah tangga, tetapi bukan berarti posisinya lebih tinggi dari istri. Kedua-duanya masih memiliki hak dan kewajiban yang sama. Yang tak bisa hanya diberatkan pada salah satunya saja.
Saat mendiskusikan soal hal-hal tertentu, ada baiknya tetap menghormati pendapat masing-masing yang mungkin berbeda.

3.   Komunikasi

The University of Texas, seperti dikutip dari Livestrong.com juga setuju bahwa komunikasi adalah dasar dari hubungan asmara yang sehat. Tanpa komunikasi yang baik, hubungan hanya akan semakin cepat bosan dan menjenuhkan. Terutama jika komunikasinya hanya berjalan searah atau hanya satu kata. Pasangan jadi tidak akan merasakan keterikatan satu sama lain.

4.   Fleksibel

Kekasih bukan hanya sosok yang disayang sebagai pacar saja, tetapi ia juga bisa berperan sebagai kakak, sahabat, yang bisa membuat hubungan jadi semakin nyaman. Hubungan yang semacam ini tidak akan membuat satu sama lain jadi bosan, malah semakin terikat dan saling membutuhkan satu sama lain.

5.   Berbagi hal yang menyenangkan

Apa yang biasa Anda lakukan saat berdua dengannya? Travelling? nonton film? berolahraga bersama? Melakukan beberapa hal menyenangkan bersama bisa menjadi kunci kebahagiaan dalam sebuah hubungan. Mungkin keduanya punya hobby yang berbeda, tetapi ada waktu di mana keduanya bisa saling melakukan kegiatan yang sama untuk menyatukan visi keduanya.

6.   Ada me time

Pasangan yang sehat adalah yang menghargai pasangannya memiliki me time. Kedengarannya memang egois, tetapi me time bukan berarti saat orang tersebut melakukan hal dengan orang ketiga, tetapi lebih pada menghabiskan waktu untuk diri sendiri. Entah itu introspeksi diri, atau memanjakan diri.

7.   Ada keterlibatan keluarga dan sahabat

Pasangan yang punya hubungan asmara yang sehat adalah yang punya koneksi erat dengan keluarga dan sahabat. Ada waktu-waktu tertentu di mana keduanya menghabiskan dan menikmati waktu di tengah keluarga dan sahabat.

8.   Kesepakatan

Di dalam sebuah hubungan asmara juga perlu ada kesepakatan-kesepakatan tertentu, sehingga menjadi pegangan bagi keduanya saat akan melakukan sesuatu.

9.   Berbeda pendapat dengan cara sportif

Hanya karena saling jatuh cinta, bukan berarti harus selalu punya pendapat yang sama. Ketika berbeda pendapat, masing-masing harus sama-sama menghargai dan bersikap sportif akan perbedaan pendapat tersebut.

10.   Menghargai

Berapa kali dalam sehari Anda mengucapkan terima kasih pada pasangan? Berapa kali pula Anda mengucapkan pujian padanya? Kedengarannya dua hal itu sepele, tetapi keduanya merupakan cara menghargai pasangan yang dapat membuat hubungan Anda berdua tetap nyaman dan berjalan baik.

Saat semua kebutuhan dasar telah terpenuhi, kebutuhan manusia yang paling penting adalah merasa dihargai. Dan bila pasangan Anda merasa dihargai, hubungan Anda akan menjadi hubungan yang paling bahagia.

Kalau ada lebih dari 5 tanda yang Anda rasakan di dalam hubungan bersama pasangan, selamat ya Anda dan dia adalah pasangan yang berbahagia dan punya hubungan asmara yang sehat. Yuk share info ini agar pasangan-pasangan lain juga semakin bahagia dan tidak lagi bertengkar atau bercerai.