Cara Merubah Sifat Cuek Agar Lebih Peduli

Cara Merubah Sifat Cuek Agar Lebih PeduliRUMAHREMAJA.COM – Menurut Anda bagiamana orang yang memiliki sifat cuek atau sifat masa bodoh? Tentu sangat membosankan jika berteman dengannya bukan apalagi jika Anda memiliki pacar yang memiliki sifat cuek. Jika Anda salah satu orang yang memiliki sifat cuek dan ingin merubahnya ke arah yang lebih peduli kami rumahremaja.com memberikan beberapa solusi yang dapat Anda coba.

Sadar Diri

Sadar diri merupakan salah satu cara yang bisa Anda coba. Artinya Anda harus selalu sadar dan tahu apa yang sedang Anda kerjakan, apa yang ingin / telah Anda katakan. Sebeb kebiasaan orang yang memiliki sifat cuek selalu masa bodoh dengan apa yang dia lakukan, hingga kadang-kadang tindakannya menyinggung perasaan orang lain dengan tidak di sengaja. Jadi saat Anda ingin berbicara atau berbuat baiknya Anda memikirkan konsekuensi dan kira-kira apa reaksi orang di sekitar Anda. Jadi, jangan asal berbuat dan cuek dengan lingkungan. Langkah pertama ini bisa membantu menghilangkan sifat cuek.

Empati

Empati atau merasakan apa yang orang lain rasakan. Kalau orang disekitar Anda lagi marah, Anda harus berusaha merasakannya / tahu perasaan dia. Hingga Anda menghindari tindakan yang bisa bikin dia makin marah. Kalau keluarga Anda sedang kesepian, Anda harus menemani dia. Bagaimana cara tahu dia kesepian? Anda harus mulai menciptakan empati, dengan cara belajar mengidentifikasikan raut wajah / gestur orang. Misal, gestur orang kesepian adalah membungkukan kepala dan badan. Kalau sudah tahu begitu, jangan bersifat cuek. Namun temani dia.

Memikirkan orang lain

Dengan Anda tidak egois dan berusaha memikirkan orang lain, pasti cap cuek yang melekat pada diri Anda perlaha-lahan akan hilang. Misalnya, sewaktu Anda di mall, Anda ingat dengan anggota keluarga atau teman, sekali-sekali belikan barang yang berharga dari mall itu. Itu menandakan Anda peduli dengan mereka. Lalu saat berbicara dengan orang lain, jangan asal ngomong, tapi saring omongan kita agar tidak ada yang menyakiti perasaan orang. Biasanya, orang cuek selalu bicara semau jidat mereka.

Peduli dengan masalah sekitar

Jangan jadi menarik diri atau tak mau tahu tentang apa yang terjadi di lingkungan. Jika ada masalah, jangan cuma mendengarkan atau berpangku tangan. Tapi, berilah ide atau masukan yang bener. Hilagkan sifat tidak ingin tahu itu. Anda harus tahu dan berusaha ikut serta dalam kejadian sekitar.

Mendengarkan

Jika ada family atau teman Anda ingin bicara atau curhat, jangan bersikap cuek atau tidak tertarik dengan ucapan mereka. dengarkan secara tulus, timbulkan empati Anda di sini. Dengan begitu, Anda bisa memberi input yang berner kepada orang yang curhat sama Anda. Dia pasti anggap Anda peduli dengan dia.