Skill yang Penting Bagi Mahasiswa Untuk Menambah Penghasilan

Skill yang Penting Bagi Mahasiswa Untuk Menambah PenghasilanRUMAHREMAJA.COM – Mungkin Anda pernah merasakan menjadi seorang mahasiswa atau tidak lama lagi Anda menjadi seorang mahasiswa disalah satu perguruan tinggi di kota Anda. Saat menjadi seorang mahasiswa, disinilah saatnya Anda mengasah kemapuan yang Anda miliki apalagi jika ada sarana dan prasarana di kampus Anda yang mendukung skill Anda. Dunia kuliah terlalu sayang untuk sekedar diisi dengan pagi ke kampus, siang kuliah, sore pulang, malam cuci kaki dan tidur dengan nyenyak. Iya kan?

Selagi Anda masih muda, tidak ada salahnya Anda mencoba banyak hal yang tentunya dalam hal kebaikan bukan dihabiskan untuk berbuat kejahatan. Jangan ragu untuk belajar dan bekerja untuk mendapat pengetahuan dan pengalaman. Syukur-syukur bisa punya penghasilan tambahan dan meringankan beban orang tua, sambil tentu saja tetap menjalani kuliah dengan bertanggung jawab.

Bagi Anda yang masih tergolong mahasiswa baru, inilah saatnya Anda menentukan ke arah mana Anda harus mengembangkan diri. Anda sadar Anda ingin mengembangkan minat dan bakat Anda, mencari pengetahuan dan pengalaman, mendapat penghasilan tambahan barangkali, sampai kelak saat lulus kamu punya bekal CV dan pengalaman yang cukup untuk berlaga di dunia profesional. Karena tentu, angka IPK di ijazah tidak menjamin kesuksesan karir seratus persen.

Lalu, sebagai seorang mahasiswa yang masih beraroma seragam putih abu-abu? Simaklah beberapa kemampuan yang dapat Anda pelajari berikut ini yang bisa Anda asah, Anda gunakan, dan Anda manfaatkan untuk memenangkan diri Anda di arena kerja!

Kemampuan Menulis

Menulis, semua orang yang pernah menduduki meja sekolah pastinya sudah tahu menulis mulai SD, SMP sampai SMA setiap harinya disekolah hanya menulis pelajaran sekolah. Ya, memang demikinan namun kemampuan menulis yang kami maksud disini adalah Anda mampu menguasai cara-cara penulisan dasar seperti menulis surat, menulis email, menulis esai, sampai menulis tulisan ilmiah. Cukup itu saja, jika Anda tidak ingin menjadi penulis yang terlalu serius.

Lebih bagus lagi jika Anda ingin mengasah tulisan Anda lebih dalam lagi. Ikutilah kelas pelatihan menulis yang pasti banyak tersedia di kampus. Menulis dengan baik dan benar, bahkan menarik dan disukai pembaca, adalah kemampuan yang sangat unik dan tidak semua orang bisa. Jika Anda bisa melampaui dari sekedar menulis tulisan dasar, tapi bisa membuat tulisan opini dan esai yang kritis, atau cerpen dan novel sastra yang epik, itu lebih bagus dan tambah keren lagi!

Kemampuan Fotografi

Anda suka foto-foto, tidak ada salahnya  jika Anda kembangkan menjadi sebuah kemampuan yang dapat menambah penghasilan sebagai seorang mahasiswa. Sebetulnya fotografi adalah kemampuan yang tergolong unik karena tidak semua orang mau dan mampu menekuninya. Mungkin karena selama ini fotografi “hanya” dipandang sebagai hobi senang-senang sampingan, lantas tidak banyak yang benar-benar punya kemampuan fotografi profesional.

Di era sekarang ini, kebutuhan akan komunikasi visual sangat penting. Hampir semua lembaga membutuhkan publikasi visual untuk keperluan mereka. Apatalagi jika ada lowongan fotografer lepas di media massa. Setelah lulus, tinggal Anda sendiri yang menentukan apakah ingin tetap jadi fotografer lepas, kerja di perusahaan, atau malah bikin usaha jasa fotografi dan studio sendiri! Masih banyak lagi lowongan bagi fotografer, jadi, jangan ragu untuk mengembangkan minat Anda.

Kemampuan desain grafis

Memiliki kemampuan atau skill dalam desain grafis sungguh sangat baik. Sebab banyak juga permintaan untuk orang bisa desain grafis. Mulai desain poster, spanduk, baliho, newsletter, majalah, bahkan website. Coba saja Anda lihat di kumpulan lowongan kerja bagi mahasiswa, tidak terhitung berapa banyak lowongan desain grafis yang tersedia. Maklum, jurusan desain sendiri belum terlalu banyak di kampus-kampus, tapi permintaan akan tenaga desain grafis meledak tidak karuan di era komunikatif sekarang ini.

Kemampuan desain grafis sendiri sangat unik karena menggabungkan seni dan IT. Cobalah mencari tempat pelatihan yang khusus dalam desain grafis. Memiliki skill desain grafis pastinya sangat berharga untuk mencari pundi-pundi rezeki pekerjaan lepas saat kamu kuliah, atau pekerjaan tetap saat kamu sudah lulus.

Kemampuan mengelola media sosial

Zaman sekarang manajemen media sosial telah menjadi profesi yang profesional. Tidak semua orang lihai bermedia sosial, karena memang tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus punya kemampuan berkata-kata secara efektif dan efisien, Anda harus bisa berkomunikasi dengan banyak orang selayaknya Humas, Anda juga harus bisa mendesain media sosial Anda agar interaktif dengan kombinasi visual dan kata-kata yang menarik.

Banyak sekali perusahaan yang punya tim media sosial sendiri. Mereka sering disebut Social Media Specialist. Bukan sekedar bisa bermedia sosial, mereka juga menguasai cara menggunakan iklan medsos berbayar seperti Facebook ads, Youtube ads, dan lain sebagainya. Tim medsos ini juga terdiri dari content writer yang bisa menulis pesan-pesan yang baik serta didukung oleh desain grafis.

Lowongan admin media sosial bervariatif, dari mulai paruh waktu hingga purna waktu. Dari mulai facebook, twitter, LINE, hingga Instagram. Dari mulai yang berfungsi sebagai customer service seperti di online shop, hingga berkomunikasi dengan pembaca seperti di media massa atau lembaga sosial.

Kemampuan IT

Inilah kemampuan pamungkas untuk menjadi penguasa dunia kerja kontemporer. Maraknya penggunaan sarana digital dalam kehidupan sehari-sehari jelas tidak terbantahkan lagi. Kita melakukan segala hal di dunia digital. Kita belanja, jualan, bergaul, bersosialisasi, bermain, membaca berita, berkomunikasi, menghibur diri, semuanya di internet, di media sosial, di smartphone, di dunia digital, di dunia teknologi.

Sama seperti menulis, menguasai IT kini wajib untuk Anda kuasai, dan bukan lagi perkara Anda bukan anak jurusan ilmu komputer atau sejenisnya. Coba bayangkan jika Anda anak jurusan Filsafat, terus Anda bekerja di fakultas Anda, dan Anda diminta mengurus website fakultas Anda. Bisa tidak mengurus situs berbasis PHP? Bahkan sekalipun Anda pakai CMS WordPress, tetap saja Anda harus paham bagaimana cara kerja CMS ini. Bisa tidak Anda membeli domain dan hosting serta membuat pengaturannya di Cpanel? Tentunya Plato tidak pernah menulis tentang itu semua kan?

Menguasai IT hari ini adalah keharusan. Minimal, Anda bisa menguasai apa yang paling sering dipakai. Misalnya, desain web, programming dasar, membangun jaringan, dan lain sebagainya. Semua itu bisa Anda pelajari di program pelatihan 1 semester Fasnetgama. Dengan kurikulum yang sudah didesain agar mengikuti perkembangan dunia IT yang dinamis, serta praktikum yang secara tepat mempraktekan apa yang telah Anda pelajari, di sinilah Anda bisa menguasai IT dan meraih masa depan!