Mengatasi Sahabat yang Sifatnya Kekanak Kanakan

Mengatasi Sahabat yang Sifatnya Kekanak KanakanRUMAHREMAJA.COM – Sudah pasti diantara Anda ada yang memiliki sahabat yang sifatnya terlihat kekanak-kanakan layaknya seperti anak kecil. Seperti halnya gampang cengeng, mudah di godain, tidak ingin mengalah jika ada sesuatu, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin saja dapat dikatakan anak baru gede’ yang masih dalam proses pertumbuhan.

Tidak jarang banyak orang yang bersahabat yang memiliki teman yang sifatnya kekanak-kanakan membuat siap saja merasa sebal atau bosan untuk meladeninya. Bagiamana, betul tidak? Lalu mengatasi teman yang demikian bagaimana caranya?

Menghilangkan sikap kekanak-kanakan seperti gerak-geriknya, cara bercandanya, nada bicaranya (seperti bermanja manja gitu), dan lain-lain kayaknya emang sulit untuk diubah. Karena umumnya hal itu terbentuk dari keluarganya sendiri, semisal karena dia anak bungsu, anak tunggal, atau satu-satunya anak perempuan, dan sebagainya.

Namun jika sifat kekanak-kanakan terlihat saat mengambil keputusan, menentukan sikap, cara berpikir atau cara bergaul, kemungkinan besar masih bisa diubah.

Salah satu caranya adalah mengkondisikan kedewasaan pada lingkungan pertumbuhannya, seperti dalam lingkungan pertemanan atau lingkungan keluarga. Sebagai simulasi, usahakan lakukan seserius mungkin agar terbentuk kedewasaan, seperti mencontohkan sikap kedewasaan, memasukkan sebuah perbedaan mendasar mengenai sikap kedewasaan dan sikap kekanak-kanakan dalam setiap perbincangan. Maka tanpa disadari, teman kita itu selanjutnya akan mulai memahami gimana bersikap dewasa. Lakukan hal itu berulang-ulang hingga teman kita benar-benar mengerti gimana menjadi dewasa.

Jika sikap kekanak-kanakannya sering muncul, ingatkan atau tegur dengan kata-kata yang bersahabat, sehingga teman kita merasa nyaman. Satu lagi bagi Anda yang mengerti tentang sahabat Anda adalah dengan BERSABAR! Karena setiap perubahan itu pasti membutuhkan proses dan waktu.