Tips Cara Menghadapi Sahabat Yang Berbicara Di Belakang

Tips Cara Menghadapi Sahabat Yang Berbicara Di BelakangSimpanlah kepercayaan terhadap seseorang, maka mereka akan menaruh kepercayaan kepada Anda. Apakah akan benar-benar seperti itu ? Mungkin Tidak .
Semuanya kembali pada karakter masing-masing.

Jangan pernah Anda mengkhianati kepercayaan karena hal itu tidak akan menyenangkan. Sekali Anda mengkhianati kepercayaan seseorang, tentu Anda akan kehilangan kepercayaan dari mereka.

Setiap orang memiliki definisi sendiri tentang percaya atau kepercayaan. Kepercayaan merupakan sebuah topik yang sangat sensitif. Sangat sulit berurusan dengan seorang sahabat yang awalnya Anda pikir bisa dijadikan tempat berbagi suatu rahasia yang sangat pribadi. Dan tiba-tiba suatu hari sahabat anda membicarakannya kepada semua orang tanpa sepengetahuan anda, terlebih jika sahabat anda tersebut menambah bumbu-bumbu pembicaraan yang tidak benar tentang anda. Di saat anda berada di sebelahnya, dia menganggap anda sebagai sahabatnya, tetapi ketika anda tidak ada di sebelahnya dia mulai menceritakan kejelekan anda di hadapan semua orang. Sangat sakit memang mempunyai sahabat yang seperti itu.

Tapi sangat sulit untuk membuktikan apakah dia memang benar-benar berbicara di belakang anda karena semua bukti-bukti hanya di dapatkan dari desas-desus dan insting semata. Anda harus mencari bukti yang terpercaya sebelum menuduhnya.

Berikut ada beberapa tips tentang cara menghadapi sahabat yang berbicara di belakang anda.

  • Cari tahu kebenarannya.

Yang paling penting dilakukan sebelum menuduh sahabat anda telah berbicara di belakang anda yaitu dengan mencari bukti. Cari bukti yang terpercaya seperti sebuah tulisan atau catatan yang di buat oleh sahabat anda. Bisa juga dengan menanyakan kepada sahabat anda yang lainnya yang juga dekat dengan dia. Hal itu bisa membantu dalam membuktikan asumsi anda.

  • Abaikan.

Setelah benar-benar mendapatkan bukti bahwa sahabat anda tersebut memang betul-betul berbicara di belakang anda, anda dapat mempertimbangkan untuk mengabaikan seluruh situasi. Jangan langsung bertindak dan terpengaruh ketika mendengarkan kata-kata yang tidak begitu penting, apalagi jika itu hanyalah gosip.

  • Yakin.

Kebanyakan orang bereaksi dengan cara yang salah setelah mengetahui sahabatnya berbicara di belakangnya. Orang akan kemungkinan mengubah sikap menjadi agak sedikit menjauh. Sebaiknya jangan melakukan tindakan tersebut, anggap semua baik-baik saja. Mungkin sahabatmu tidak bermaksud untuk berbicara bahkan menjelek-jelekkanmu kepada orang lain.

  • Bicara.

Langkah ini mungkin terlalu beresiko, apalagi jika anda tidak begitu yakin dengan seluruh situasi. Sebaiknya anda mengumpulkan cukup bukti sebelum anda mulai berbicara dengan sahabat anda tersebut. Dekati sahabat anda dengan lembut agar pembicaraan bisa berjalan dengan baik dan bisa dimengerti. Tanyakan kepadanya apa betul tentang isu-isu tersebut, beritahu dia tentang hal-hal yang mengganggu anda. Berikan dia kesempatan untuk menjelaskan kepada anda.